TIPS MEMBUAT E-BOOK ANDA, HANYA DALAM BEBERAPA JAM SAJA!

Membuat e-book milik sendiri (selanjutnya saya sebut produk digital) adalah kunci utama seorang pebisnis Online untuk dapat memenangkan pertarungan yang akan bertendensi positif ke income melimpah dari internet.

Biasanya, seperti kebanyakan para pemilik bisnis online menciptakan produk digital yang berkualitas dapat menghabiskan waktu hingga ratusan jam bahkan dapat menghabiskan ribuan dollar biaya yang harus dikeluarkan. Atas dasar itu, pada kesempatan ini saya mencoba menyusun langkah-demi langkah untuk membangun suatu produk digital secepat mungkin.

Langkah 1 : Tentukan terlebih dahulu topik Anda

Syukur-syukur Anda telah menentukan ‘daerah main’ dan pangsa pasar yang Anda fokuskan. Jika tidak, maka persiapkan diri Anda dengan baik mulai saat dan detik ini juga untuk segera mulai. Pikirkan dengan baik kira-kira topik apa yang dapat menjawab ‘kehausan’pasar internet saat ini, bisa berupa informasi, tip dan topik-topik yang sedang hangat dibicarakan (BBM, listrik, penyakit DBD, kaki gajah, flu babi dll). Cobalah search di mesin pencari, forum dan situs-situs semisal Clickbank dan eBay untuk melihat kira-kira jenis informasi apa yang mendapat permintaaan yang banyak dan pasar merasa ‘lapar’ akan hal itu.

Langkah 2 : Cari Info Konten Sebanyak Mungkin

Setelah topik berkualitas diperoleh, maka cobalah mencari sebanyak mungkin sumber-sumber pustaka yang terkait dengan topik Anda. Yang paling mudah adalah dengan mencari produk-produk informasi yang terkait dan berlabel PLR (Private Label Rights) agar jika Anda mencatut sebagian kontennya (bahkan hampir seluruhnya) tidak melanggar hak paten. Terdapat banyak sumber PLR bisa Anda temukan di internet yang mengupas topik yang sama dengan Anda.

Langkah 3 : Tentukan bagaimana Konten-konten tersebut akan Anda gunakan

Tentu merupakan ide yang sangat cemerlang jika Anda mampu membuat beragam jenis produk. Anda akan memiliki keleluasaan memberikan pilihan kepada konsumen Anda dengan variasi harga untuk tiap produknya, lagi pula hal tersebut akan memberikan peluang kepada konsumen untuk membeli produk Anda lebih dari satu. Hebat khan…

Jika Anda menggunakan konten dari beberapa produk PLR yang sejenis, hal yang bijak jika Anda dapat menggabungkannya secara cerdik menjadi sebuah laporan khusus (free special report), e-book atau Anda menjadikannya bahan untuk menyelenggarakan kursus mini (mini-course). Bahkan Anda dapat menjadikannya bahan untuk e-book yang berkualitas tinggi dengan menyisipkan beberapa audio-video yang menjadi pelengkap dan peyempurnanya, lebih jauhnya lagi Anda dapat menindak-lanjutinya dengan menjadikannya sebuah produk fisik yang siap dilempar ke pasaran, misalnya sebuah buku bisnis.

Jadi di sini letak kuncinya adalah pada kreativitas Anda sendiri dalam berpikir untuk menarik target pasar yang benar-benar tepat sasaran (targetted). Apalagi jika Anda menemukan e-book PLR yang berukuran besar, tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda karena hanya dibutuhkan tambahan-tambahan kecil saja untuk melengkapinya.

Langkah 4 : Gabungkan konten untuk menciptakan produk yang unik (berbeda dengan yang telah ada di pasaran)

Seperti yang telah disebutkan di langkah 3 tadi, menggabungkan konten PLR adalah cara yang cerdas dan hemat untuk menciptakan produk yang khusus (unik) milik Anda sendiri. Walaupun sebagian orang telah mengenal bagian-bagian konten tertentu secara terpisah, tapi jangan khawatir dengan segenap kecakapan Anda, telah mampu menggabungkannya menjadi bundel produk yang unik dan komprehensif.

Langkah 5 : Tambahkan beberapa ‘sentuhan’ pribadi Anda sendiri

Jika Anda telah memiliki konten PLR  gabungan, tak perlu menulis ulang semuanya, cukup tambahkan beberapa ‘sentuhan’ dengan bahasa dan informasi yang Anda ciptakan sendiri. Menurut hemat saya, ini merupakan cara yang cukup cerdas dan jitu untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda. Sentuhan-sentuhan pribadi tadi dapat Anda letakkan di bagian pembukaan dan penutup misalnya. Cukup cerdas bukan…? he…he….

Langkah 6 : Tampung dan akomodir tiap masukan tentang produk Anda

Sebelum melepas produk ke pasaran, akan lebih baik jika Anda meminta beberapa teman dekat Anda untuk membacanya terlebih dahulu dan mintalah komentar, masukkan, dan pendapat mereka tentang produk Anda. Jika mungkin, mintalah kesaksian mereka untuk bahan testimonial pada kegiatan marketing Anda nantinya.

Langkah 7 : Tempatkan ringkasan konten e-book Anda pada sales letter website

Buatlah resume poin per poin tentang konten Anda pada surat penjualan (sales letter) yang Anda rancang dengan sangat cermat. Sebutkan beberapa manfaat konten tersebut bagi calon pelanggan (pembeli) Anda. Tentunya dengan beberapa tambahan yang menarik (sentuhan-sentuhan tadi), Anda bisa berharap calon pelanggan tambah penasaran dan ingin segera tahu lebih jauh isi dari konten selengkapnya di produk digital Anda. Dan, insya Allah akan segera ditutup dengan sebuah penjualan…!

Langkah 8 : Gunakan Software E-Book (e-Book Creator)

Dengan software ini Anda akan lebih dipermudah menulis e-Book sekaligus membuat cover cantiknya. Anda dapat men-download-nya di Download Area.

Langkah 9 : Luruskan niat dan berdoa yang tulus

Inilah poin terpenting untuk Anda lakukan, niat dan doa yang tulus merupakan senjata yang sangat mematikan, karena merupakan penghubung langsung antara Anda dengan Sang Pemberi Kesuksesan (Sang Maha Pencipta dan Pemberi Rejeki).

Ulangi langkah-langkah di atas tadi untuk membuat variasi topik produk digital yang akan Anda ciptakan di kemudian hari sebagai modal kesuksesan Anda di bisnis online.

Semoga bermanfaat…….

Iklan

4 responses to “TIPS MEMBUAT E-BOOK ANDA, HANYA DALAM BEBERAPA JAM SAJA!

  1. Eko Budi Santoso

    Sharing yang juga bermanfaat untuk personal branding. Sukses selalu untuk posting selanjutnya serta menjadi ILMU yang berberkah.

    Internet Selling Skill | Strategi PEMASARAN ONLINE – Strategi PEMASARAN INTERNET . Berbagi CARA Memasarkan PRODUK di Internet | 081 328 738 736

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s