Membuat Rencana-rencana Strategis di Bisnis Online

Bagian penting dari keberhasilan bisnis Anda salah satunya adalah mengembangkan rencana strategis. Disamping akan membantu Anda dalam aktualisasi dan visualisasi strategi Anda, juga akan memberikan pendekatan yang terorganisasi untuk mencapai tujuan yang Anda impikan.

Rencana Anda tersebut akan digunakan sebagai panduan langkah demi langkah untuk membantu dalam mencapai tujuan. Tanpa rencana yang solid, tindakan Anda tidak akan memiliki arah. Anda akan berputar-putar dalam lingkaran yang sama terus-menerus dan pada akhirnya tidak pernah mencapai tujuan yang ingin Anda raih. Bagaikan orang buta berjalan di kegelapan malam, sudah buta gelap lagi. Perfect…….!

Hal-hal yang harus Anda sertakan dalam menyusun rencana-rencana strategis tersebut antara lain :

Ringkasan (Summary)

Summary ini dibuat untuk meringkas seluruh strategi dari awal sampai akhir. Buatlah rangkuman rencana-rencana tersebut dan tuangkan dalam buku catatan dengan rapi. Ringkasan ini harus dibawa kemanapun Anda pergi, dimana dan kapan saja Anda mau, ia setia mendampingi. Sampai Anda hafal betul semua rencana Anda tersebut dan menjiwainya dengan sepenuh hati.

Tujuan-tujuan (Objectives)

Setiap langkah sudah pasti harus memiliki tujuan, dan ini merupakan hal yang sangat penting. Tujuan Anda memuat sebuah deskripsi tentang apa yang ingin dan akan Anda jual dan promosikan. Selanjutnya secara spesifik berisi tentang apa yang ingin Anda capai/raih dalam bisnis ini. Ingat, jangan melangkah tanpa tujuan yang jelas karena hanya akan membuang energi Anda semata. Manfaatkan semaksimal mungkin potensi diri Anda, daya juang Anda, serta seluruh peluang yang Anda lihat di depan Anda. Jangan tunda, karena belajar yang baik dalam bisnis adalah dengan segera mengambil tindakan nyata (take action). Learning by doing harus menjadi salah satu motto Anda.

Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Rencana pemasaran Anda paling tidak harus memuat hal-hal berikut ini :

Mengidentifikasi Target Pasar

Jika produk atau jasa Anda tidak memiliki pasar, Anda pasti tidak akan berhasil. Anda harus mengidentifikasi siapa yang akan menjadi pelanggan Anda dan yang harus diingat apakah produk Anda benar-benar dibutuhkan pasar. Kenalilah lebih dekat, jika tidak, Anda akan sulit untuk menentukan apakah pelanggan kita berminat atau tidak terhadap produk yang Anda tawarkan.

Merencanakan promosi (iklan)

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendirikan situs web adalah bagian penting dari iklan Anda dalam memasarkan eBook misalnya, tapi ingat rencana itu hanya merupakan langkah pertama. Tahap berikutnya Anda harus membuat dan mengembangkan rencana iklan yang akan mendorong aliran pengunjung tertarget (targeted traffic) yang terus-menerus mendatangi situs web Anda.
Membangun dan mengembangkan rencana strategis ini akan memberikan peta jalan (road map) bagi Anda untuk mencapai impian Anda. Rencana yang sangat hati-hati untuk setiap langkah, dengan melakukan berbagai penelitian sebelumnya, sepenuhnya harus Anda pilih. Rencanakan pekerjaan Anda dengan baik kemudian segera bertindak mewujudkan rencana Anda tersebut dan Anda telah berada di jalan yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Jangan berlama-lama menyusun rencana tanpa segera mengambil tindakan nyata…! itu akan menghambat keberhasilan bisnis online Anda.

Sampai ketemu di postingan berikutnya. Semoga bermanfaat…….

Iklan

2 responses to “Membuat Rencana-rencana Strategis di Bisnis Online

  1. setuju Kang.. menurut saya mah yang paling penting dari semuanya adalah action… sukses buat Kang Herman 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s